Makanan Khas Surabaya Ini Tak Boleh Kamu Lewatkan

MAKANAN KHAS SURABAYA – Surabaya merupakan salah satu kota yang besar di Indonesia begitu juga dengan industrinya. Tentunya para wisatawan dan pembisnis banyak yang menjadikan Surabaya sebagai tempat tujuan wisata untuk penenang jiwa.


Tempat wisata yang indah dan makanan khasnya yang enak-enak menjadikan Surabaya banyak juga dikunjungi oleh para wisatawan luar.


Bukan hanya destinasinya yang banyak memikat wisatawan untuk berkunjung, tapi makanan khasnya yang memiliki rasa yang ngangenin itu sebagai salah satu alasan mengapa Surabaya menjadi kota yang banyak dikunjungi.


Kota dengan lambang buaya dan hiu ini memiliki banyak sekali macam makanan khas yang enak dan menjadikan penikmatnya ketagihan akan cita rasanya itu. Kali ini saya akan membahas 31 makanan khas Surabaya untuk kamu ketahui agar tidak bingung mau makan apa saat berkunjung di Surabaya.


1. Nasi Goreng Jancuk Kuliner Surabaya


Nasi goreng Jancuk, kurang tau akan kepastian mengapa nasi goreng ini diberikan nama nasi goreng jancuk. Entah apa itu alasannya, tapi konon katanya nasi goreng ini diberi nama jancuk karena rasa masakannya yang pedas sehinga ketika kamu memakan masakan ini tersa pedas dan seakan ingin mengumpat dengan kata-kata Jancuk ini.


Entah apalah itu namanya yang terpenting dari nasi jancuk ini adalah rasanya yang pedas dan tentunya enak juga yang mejadikan masakan yang berada di kota Surabaya ini memiliki banyak penggemar.


2. Sego Sambel Surabaya


Sego sambel merupakan makanan khas Surabaya yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah nasi sambel. Sego sambel ini biasanya dijual pada malam hari yang diperuntukkan buat kamu yang suka begadang dan didatangi rasa lapar ketika malam datang. Sego sambel ini mulai dibuka pada jam 10.00 malam yang berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan nomor 12.


Alasan mengapa kuliner ini diberikan sego sambel karena kuliner ini menghidangkan satu porsi nasi putih dengan tambahan sambal diatasnya dan lauk tentunya yang bisa menggugah selera makan kamu. Jika kamu Penasaran dengan rasanya kamu bisa mencoba atau mencicipi sego sambel Mbak yeye ini.


3. Masakan Nasi Cumi Khas Surabaya


Makanan enak harga bersahabat, mungkin ini yang menjadikan nasi cumi ini banyak dicari oleh orang surabaya khususnya dan para wisatawan yang sedang berkunjung di kota hiu dan buaya ini.Namanya nasi campur bumbu Madura Ampel yang berada di depan hotel Kemadjoean.


Sajian di warung ini dihidangkan menggunakan nasi hangat ditambah taburan serundeng kelapa, tidak lupa juga ditambahkan mie kuning dan sambal pencit dan pastinnya lauk cumi tinta sebagai pelengkap wajib pada makanan ini. Penasaran akan kenikmatan rasanya? Silahkan kunjungi sendiri yea..


4. Nasi Campur Tambak Bayan Surabaya

Lagi di Surabaya, pagi-pagi perut lapar cari sarapan khas Surabaya aja lah. Kalu mau cari sarapan khas Sirabaya ya pastinya Nasi Campur Tambak Bayan ini yang pas buat kamu cicipi. Rasnya enak dan satu porsi nasi banyak campuran lauknya, ada mie putih, telur, daging empal, sambal, dan taburan bawang goreng.


Tempat yang menjual kuliner nasi campur tambak bayun ini terletak di pasar wetan no 7, Surabaya mulai buka pada pukul 05.00 sampai tutup jam 15.00 WIB.


5. Nasi Empal Pengampon

Penasaran akan makanan khas Surabaya yang satu ini? Langsung saja simak penjelasan berikut ini. Nasi empal pengampon merupakan kuliner dengan sajina nasi putih yang dicampur dengan berbagai campuran lauk, semisal kering tempe, lalapan timun, tumis kacang, daun kemangi, tidak ketinggalan juga sambal dan yang paling penting adalah empal suwir sebagai campuran khas masakan ini.


Cukup menyantap 1 porsi empal pengampon kamu akan merasakan cukup kenyang. Penasaran akan Empal pengampon ini? Langsung kunjungi saja Jl Pengampon II Nomor 3, Surabaya yang mulai buka jam 9 pagi sampai jam 9 malam.


6. Nasi Krawu Khas Surabaya

Nasi putih pulen di campur dengan berbagai macam lauk seperti, serondeng, semur daging, jeroan sapi, dan sambal terasi dicampur satu kesatuan dalam 1 porsi jadilah Nasi Krawu makanan khas Surabaya yang kurang lengkap jika kamu lagi berada di Surabaya tapi tidak mencicipi kuliner Surabaya yang satu ini.


Kandungan gizi yang terdapat pada makanan ini sangat cocok untuk disantap pada pagi hari karena cukup memberikan energi tambahan pada tubuh.


7. Rujak Cingur Surabaya

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan nama makanan yang satu ini. Ya benar rujak cingur namanya yang mana makanan ini sebagai makanan khas Surabaya yang murah meriah dan pastinya memiliki cita rasa yang nikmat. Untuk kamu yang belum tau apasih rujak cingur itu?

Baiklah akan saya jelaskan sedikit banyaknya akan rujak cingur ini.


Rujak cingur ini merupakan makanan berupa rujak dengan campuran cingur atau dalam bahasa Indonesianya adalah hidung sapi dan campuran yang lainnya seperti, touge, lontong, tahu yang membuat makanan ini banyak penggemarnya.


8. Tahu Tek Khas Surabaya

Tahu tek, tahu tek tahu tek, makanan legendaris dan menjadi makanan favorit masyarakat Surabaya ini masih bertahan sampai sekarang, karena rasanya yang enak sesuai dengan lidah orang Indonesia juga harganya yang murah. cukum merogok kocek 8,000 saja kamu sudah bisa menikmati makanan khas jawa timur yang satu ini.


Campuran dari tahu tek ini adalah lontong, tahu, kecambah, dan di atasnya disiram dengan bumbu petis, taburan seledri, bawang goreng dan tidak ketinggalan pula taburan kerupuk yang menambah sensai kenikmatan saat memakan tahu tek ini.


9. Pecel Semanggi Surabaya

Bagi kamu para pemuru kuliner pasti tidak asing dengan pecel semanggi ini, yang merupakan salah satu dari bermacam-macam kuliner Surabaya. Sama halnya seperti daun-daunan yang lain yang bisa di makan seperti kangkung, bayam dan daun pepaya, daun semanggi ini Di Surabaya dijadikan campuran untuk nasi pecel, maka dari itu nesi pecel ini diberikan nama pecel semanggi Surabaya.


Sangat disayankan, kuliner Surabaya yang satu ini sudah diambang kepunahan, karena semakin sedikitnya penjual pecel semanggi ini. Tapi tenang, hampir punah bukan berarti tidak ada sama sekali. Jika kamu ingin mencoba cita rasa dari kuliner Surabaya yang satu ini, asal kamu benar-benar mau mencarinya pasti kamu mendapatkannya.



92 views

Garden Palace Hotel

Jl. Yos Sudarso No.11, Embong Kaliasin,

Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271

+62 811 3180 885 ( Putri )

 Whatsapp 

fom@gardenpalacehotel.co.id

reservation-gph@gardenpalacehotel.co.id

  • YouTube Social  Icon
  • Trip Advisor Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • Instagram Social Icon

© 2018 | Garden Palace Hotel